[COOL]Bikin Pendingin Minuman Sendiri[gk pake listrik, gk pake mahal, air panas aja]

Kali ini ane mau coba share mengenai sebuah projek sederhana…. yang ane rasa cukup bermanfaat bagi ane dan mungkin bagi kita semua…..

Mumpung lebaran da mau dekat, cocok banget kita bikin pendingin ini untuk mudik di jalan dan pas berbuka minuman tetap dingin asoy….

iseng iseng browsing jumpanya tips beginian jadi ane coba share… moga aja gak dan maapkan ane jika ternyata emang begitu…

Sebenarnya pendingin ini lebih dikenal dengan evaporative cooler(swamp cooler) adalah suatu teknik pendinginan dengan mengunakan air hangat yang menguap untuk mendinginkan suatu medium, yang mana sama halnya dengan ketika manusia berkeringat. kira kira begitu dech

oke dech…. gak usah banyak bacot langsung dibekicot aja dech

1. Bahan dan Peralatan

Spoiler for bahan dan peralatan:

Bahan
1 buah kaleng cat kosongempty paint bucket
2 lembar kain perca yang dapat menyerap air
1 lembar kawat nyamuk ato jaring parabola(ukuran disesuaikan dengan botol)
1 kaleng cat semprot (pilih warna yang terang dan biasa nya putih kilat paling ok)
20 pc kabel tie(bisa digantikan dengan kawat) untuk pengikat
Lakban

Peralatan
*Pelubang ato Bor kecil
*Gunting
*Tang
*Wire Cutter
*Obeng
*Amplas(Kertas Pasir Halus) ato kikir Halus

2. Membuat Wadah Kaleng
Sebenarnya banyak barang yang bisa dijadikan sebagai wadah luar buat pendingin…. agar portable dan dapat dibawa kemana mana, kaleng cat cukup ok mengingat uda ada pegangannya.

yang jelas kaleng cat dibersihkan dulu, dikerok sisa sisa cat nya…, bisa diamplas dengan kertas pasir bila ada bagian yang berkarat.

Spoiler for gambar:

3. Membuat Lubang Evaporasi
dengan mengunakan bor dan gunting… kita bisa membuat lubang seperti pada gambar…. usahakan lubang tertata dengan rapi yah….

Spoiler for gambar:

4. Pengecatan Wadah
Wadah yang sudah dilubangi sekarang kita cat dengan cat semprot yang berwarna terang. Memilih warna terang bertujuan untuk merefleksikan panas disekitarnya, kira kira seperti kita memakai baju item dan baju putih. Sarannya sich kasi warna putih dan dilapis pernis agar mengkilap.

Spoiler for gambar:

5. Membuat Wadah Botol Minuman
Kali ini yang dikreasikan si pencipta adalah membuat pendingin dengan kapasitas 3 botol minuman. Sebenarnya ini tergantung pada kita untuk melakukan kreasi. so sekarang agan bole liat cara pembuatan wadah bagian dalam dengan mengunakan kawat nyamuk(disarankan gunakan kawat jaring parabola karena lebih kokoh).

Spoiler for gambar:

6. Membalut Kain Pada Wadah Botol Minuman
Kawat jaring yang sudah terbentuk harus dibalut dengan kain perca yang bisa menyerap air. ane pikir bisa dipakai kain handuk bekas.

Spoiler for gambar:

7. Proses Perakitan
masing masing wadah yang terbuat dari jaring akan dimasukkan kedalam kaleng yang telah disiapkan tadi. pada bagian dasar kaleng diberi alas kain perca untuk mendinginkan bagian bawah pada minuman.

Spoiler for gambar:

8. Finishing dan Testing
Saatnya test drive….., jadi masukkan saja minuman kaleng ato botol kesukaan agan dan tambahkan air agar menyerap ke kain perca. air hangat lebih baik. Pendingin ini sangat cocok di cuaca panas dan area yang berangin dengan tingkat kelembaban rendah. So bagi yang mudik dengan sepeda motor cocok banget…. Dalam keadaan normal… drink cooler ini dapat mendinginkan dari suhu 90F(~32C) menjadi 69F(~20C).(dari sumber ane meliat ada yang menyarankan dengan mengganti air panas dengan alkohol supaya pendinginan lebih cepat mengingat titik didih alkohol lebih rendah dari air)

Spoiler for gambar:

That’s All….




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: